Memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda

Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda, Kamis 28 Oktober 2021 SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar menyelenggarakan beberapa kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan utama adalah Upacara Bendera Memperingati Hari Sumpah Pemuda. Upacara dihadiri oleh Kepala Sekolah, guru dan pegawai, perwakilan peserta didik dari masing-masing kelas serta dihadiri oleh perwakilan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Khusus Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Dalam pelaksanaan upacara, peserta diharuskan menggunakan pakaian adat nusantara dari masing-masing daerah Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk mempresentasikan kemajukan budaya dan tradisi yang dibingkai dalam satu kesatuan Bangsa Indonesia. Bangsa yang begitu besar dan kaya akan perbedaan tetapi harus tetap dipersatukan dalam kebulatan tekad kebhinekaan pancasila.

Dalam pelaksanaan upacara juga dilakukan Pelantikan Penguru OSIS dan MPK terpilih periode 2021/2022. Pelantikan kepengurusan OSIS diharapkan dapat menjadi harapan baru akan aktifnya kegiatan-kegiatan peserta didik di sekolah, khususnya kegiatan ekstrakurikuler di Masa Pandemi Covid-19 ini yang sudah sekitar dua tahun ini vakum dikarena kondisi Pandemi Covid-19 yang sedang melanda. Kepengurusan OSIS yang baru diharapkan dapat membuat program-program terobosan bagi peserta didik untuk kembali aktif dalam kegiatan-kegiatan sekolah. Harapan ini akan dapat terlaksana jika adanya kolaborasi dan kerja sama yang baik dari pengurus dan anggota OSIS, pembina OSIS dan seluruh warga sekolah.

Kegiatan diakhiri dengan pengumuman pemenang hasil lomba Vlog, lomba Musikalisasi Puisi dan lomba Desain Twibbone. Kegiatan Lomba yang dilakukan lebih ke arah digitalisasi konten, selain karena Pandemi Covid-19 lomba ini juga dijadikan ajang untuk mengenalkan dan meningkatkan kreatifitas peserta didik terhadap konten-konten digital yang saat ini sedang berkembang.

Perlombaan yang dilakukan menghasilkan karya-karya yang begitu baik dan kreatif dari peserta didik. Hasil-hasil perlombaan Vlog dan Musikalisasi Puisi dapat dinikmati melalui Kanal Youtube SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar. Berikut adalah tautan link pemenang perlombaan Vlog, Musikalisasi Puisi dan Twibbone karya peserta didik  :

Vlog

Juara 1: https://youtu.be/ZXHN48tT5BM

Juara 2: https://youtu.be/e6tgMHB9NVY

Juara 3: https://youtu.be/FmLa7oq8idw

Musikalisasi Puisi

Juara 1: https://youtu.be/rPbbSyh3FMo

Juara 2: https://youtu.be/YfdVFn_jfnM

Juara 3: https://youtu.be/j1lpq7BAc5c

Desain Twibbone

Juara 1:  https://twb.nz/sumpahpemudasmanpan

Juara 2 : https://twb.nz/kelasxiiipa1smandelapankepulauantanimbar

Juara 3 : https://twb.nz/aldilutur21

Seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan memiliki makna yang sangat mendalam bagi seluruh warga SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar. Kegiatan yang menjadi awal yang baik dalam mempersatukan, membangkitkan dan menumbuhkan semangat, minat dan kreatifitas peserta didik secara khusus dan warga sekolah secara umum. Kegiatan yang dapat membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme peserta didik yang merupakan bagian dari pemuda dan pemudi Indonesia. Kegiatan yang menjadi sumber suka cita dalam menghadapi masa depan yang lebih baik dan penuh harapan.

Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa itu sumpah kami !!!

 

         

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *