Pelaksanaan Ujian Praktek Hari Pertama

Rabu, 8 Maret 2022 di SMAN 8 Kepulauan Tanimbar dilaksanakan ujian praktek hari pertama dengan mata pelajaran yang diuji praktekkan adalah mata pelajaran Penjas (PJOK) untuk jurusan IPA dan mata pelajaran Prakarya untuk jurusan IPS. Ujian praktek dilakukan secara terpisah dan dikendalikan oleh guru mata pelajaran masing-masing misalnya Ibu S.D.Rangkoratat,S.Pd dan Bapak J.Talapessy,S.Pd sebagai guru mata pelajaran Penjas (PJOK) dan memiliki kapasitas dalam memberikan ujian praktek bagi peserta didik. Ujian praktek PJOK dilandasi pada permainan bola besar yakni teknik permainan passing bawah dan passing atas. Menurut Ibu Rangko, sebelum melakukan teknik passing bawah dan passing atas terlebih dahulu mereka melakukan pemanasan terlebih dahulu setelah selesai mengikuti ujian praktek peserta didik melakukan pelemasan sebagai akhir dari kegiatan olahraga.

Sedangkan Bapak P. Markindo, A.Md dan Ibu Mareike E. Amarhoseya,Sth.Pd memiliki kapasitas untuk memberikan ujian praktek pada mata pelajaran Prakarya dengan menggunakan indikator penilaian berdasarkan analisis KI/KD yang di ajarkan pada kelas XII. Proses penilaian ujian praktek mulai dari tahapan persiapan,pelaksanaan sampai dengan hasil akhir dengan materi Pengolahan Tanaman pangan berupa sayur-sayuran, cili dan tomat. Selain analisis KI/KD yang digunakan sebagai dasar ujian praktek Prakarya, Ibu Ike selaku guru mata pelajaran mengajarkan peserta didik bagaimana untuk menggunakan bahan limbah sebagai bahan dasar pengolahan sehingga kedepannya peserta didik dapat mandiri dan berwirausaha tanpa membebani orang tua untuk melanjutkan pendidikan mereka pada jenjang selanjutnya atau perguruan tinggi.

Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 08.00 WIT dan berkahir pada pukul 11.30 WIT. Turut hadir dalam memantau kegiatan ujian praktek tersebut adalah dari kantor cabang Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku dalam hal ini pengawas sekolah Bapak P.Timpelabuan,S.Pd dan Ibu M.Kelbulan,S.Pd sebagai pengawas sekolah binaan. Over all seluruh kegiatan ujian praktek untuk hari pertama berlangsung dengan baik tanpa ada hambatan sesuatu apapun red.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *